PPI Tiongkok Mengadakan Penyambutan Mahasiswa Baru: Welcoming Virtual Freshmen 2020

Penulis: Ayu Fitri Rahmawati

PPITIONGKOK.org – Pada Minggu, 13 September 2020, PPI Tiongkok mengadakan “Welcoming Virtual Freshmen 2020’’ melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Djauhari Oratmangun selaku Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Bapak Deny W Kurnia selaku Konjen KJRI Shanghai, Bapak Gustanto selaku Konjen KJRI Guangzhou, Bapak Ricky Suhendar selaku Konjen KJRI Hongkong, serta Bapak Yaya Sutarya yang merupakan Atase Pendidikan Kebudayaan KBRI Beijing.

Pada kesempatan ini, Bapak Djauhari Oratmangun sedikit bercerita tentang Hubungan Diplomatik Indonesia–Tiongkok yang telah terjalin selama 70 tahun. Beliau mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara pertama yang menjalin kerjasama dengan Tiongkok dalam pengembangan vaksin COVID-19, serta Tiongkok menjadi partner utama dalam bidang ekonomi.

Welcoming Virtual Freshmen ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PPI Tiongkok, Nikkolai Ali Akbar, serta perwakilan dari Region Timur, Region Utara, dan Region selatan.

Sebagai pembuka acara, live performance dari Sanggar Unit Kreasi Seni Budaya PPI Tiongkok yang membawakan Tari Niskala Seblag dan performance dari Perkumpulan Pesilat Indonesia Nanjing (Pepsina) menyuguhkan pertunjukkan yang sangat menarik.

Salah satu penampilan yang dipertunjukkan ialah Tarian Niskala Seblag. Tarian ini merupakan ritual tolak bala warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah Banyuwangi. Tari Niskala Seblang atau lebih dikenal dengan Seblang ini digelar setiap 2 Syawal selama tujuh hari berturut-turut Tari Seblang biasanya dibawakan oleh gadis muda perawan yang menari dalam kondisi kesurupan. Gadis muda perawan ini dipilih langsung oleh leluhur dan didatangi atau ditunjuk melalui mimpi.

Sanggar Unit Kreasi Seni Budaya PPI Tiongkok memilih Tarian Niskala Seblag karena tarian ini pernah membawa nama baik Banyuwangi untuk mewakili Provinsi Jawa Timur di acara Festival Karya Tari Nasional 2018. 

Selanjutnya Atase Pendidikan Kebudayaan KBRI Beijing, Pak Yaya Sutarya memberikan materi tentang “Pembekalan Untuk Mahasiswa Baru dan Info Terkini di Tiongkok”, serta pemaparan kondisi saat ini dan persiapan apa saja yang diperlukan mahasiswa baru saat berangkat ke Tiongkok oleh perwakilan dari masing-masing Region. 

Acara lalu ditutup dengan performance dari Djas Merah Ningbo.

”Sangat senang dapat tampil di acara Welcoming Virtual Freshmen 2020 bersama teman-teman dari Perkumpulan Pesilat Indonesia Nanjing (Pepsina) dan Djas Merah Ningbo yang begitu hebat dan sangat luar biasa penampilannya. Tentunya kami dan teman-teman yang tampil merasa bangga karena penampilan kami disaksikan langsung oleh ratusan freshmen serta Bapak Duta Besar dan para Konjen RI di Tiongkok. Semoga PPI Tiongkok kedepannya dapat menyelenggarakan lebih banyak kegiatan, khususnya kegiatan yang mengenalkan kebudayaan Indonesia dan seniman dari komunitas serta Sanggar Indonesia di Tiongkok,” ujar Syarifah Nurus, Wasekjend Seni Budaya PPI Tiongkok.

Berikut daftar nama para performance :

Sanggar Unit Kreasi Seni Budaya PPI Tiongkok Pusat

  • Muhamad Gilang Ilham Wahyuda 
  • Muhamad Beni Iqrobi 
  • Danu Pratama 
  • Restina Dwi Utami
  • Yashinta Febiyani
  • Nina Sri Puspita Dewi

Perkumpulan Pesilat Indonesia Nanjing (Pepsina)

  • Muhammad Shalahuddin Ayyubi
  • Firli Agung Santoso

Djas Merah – Ningbo

  • Nicholas Nathanael
  • Kelly Laurencia
  • Yonad Brayan

Kami segenap keluarga PPI Tiongkok mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru 2020!

PPI Tiongkok 2020-2021

Berdaya-Berkarya-Bersama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *