Summer Research: Kolaborasi Yangzhou Polytechnic College dengan World Historic and Cultural Canal Cities Cooperation Organization (WCCO)

Penulis: Hilmi Eka Novita

Yangzhou Polytechnic College – PPIT Yangzhou

PPITIONGKOK.org – Pada tanggal 27-29 Agustus 2020, kami para pelajar internasional mengadakan perjalanan summer research ke beberapa kota dan tempat-tempat bersejarah di kota Yangzhou, Jiangsu, Tiongkok. Perjalanan summer research itu diselenggarakan oleh Yangzhou Polytechnic College yang berkolaborasi dengan World Historic and Cultural Canal Cities Cooperation Organization (WCCO). Summer research ini mengusung tema “Perceive the Grand Canal, Protect the Global Village” yang juga diikuti oleh hampir lima puluh pelajar internasional yang terdiri dari negara Indonesia, Laos, Kamboja, Maldives dan Afrika Selatan. Perjalanan di tempuh menggunakan dua bus universitas yang dikhususkan untuk summer research ini. Seluruh peserta terlihat begitu antusias karena mendapatkan pengalaman yang luar biasa sebelum perkuliahan akan dilaksanakan seperti biasa.

Pada hari pertama perjalanan tersebut, kami diajak untuk mengunjungi kantor pusat WCCO yang berada di 2nd Floor, Crowne Plaza, No.3 East Wenchang Road, Yangzhou City, Jiangsu Province, China. Sesampainya di lokasi, panitia penyelenggara mengadakan pembukaan acara yang dihadiri oleh beberapa petinggi kampus dan ketua dari WCCO itu sendiri. Selain itu, kami juga disuguhkan penjelasan mengenai sungai-sungai terluas dan terunik di seluruh dunia. Sungai-sungai tersebut juga telah diakui oleh UNESCO. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi pabrik produsen mesin Famsun yang berlokasi di Huasheng Rd No.1, Yangzhou. Pabrik ini merupakan produsen mesin global terkemuka dan penyedia layanan proyek di seluruh rantai pasokan agro-bisnis, dan telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 140 negara di dunia, antara lain Indonesia, Denmark, Afrika Selatan dan Belanda. Setibanya di tempat, kami diajak untuk melihat secara langsung bagaimana mesin-mesin tersebut di produksi, dirawat, dan dioperasikan. Kegiatan di hari pertama diakhiri dengan makan siang bersama di guest room Famsun.

Foto 1: Para pelajar summer research antusias mendengarkan penjelasan
Foto 2: Foto bersama sebelum lanjut ke destinasi berikutnya

Di hari kedua perjalanan, kami mengunjungi kota Gaoyou dan beberapa destinasi di sekitarnya. Para pelajar mendengarkan pemandu turis menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan mengenai daerah wisata tersebut dengan seksama. 

Di hari yang sama pula, kami melanjutkan kunjungan ke tempat destinasi wisata lainnya dan mengambil beberapa foto bersama untuk mengabadikan momen tersebut. 

Untuk menutup perjalanan di hari kedua, kami mengunjungi salah satu hotel internasional yang berada di kota Gaoyou untuk menampilkan beberapa tarian dan menyanyikan lagu khas negara masing-masing. Negara Indonesia sendiri menampilkan tarian Saman dari Aceh yang di tarikan oleh sebelas orang. 

Selain menampilkan tari Saman, Indonesia juga menampilkan tarian Maumere dan menyanyikan lagu tema ASEAN Games “Meraih Bintang”. Diharapkan bahwa dengan diadakannya penampilan ini, budaya Indonesia dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat internasional, terlebih lagi agar para pelajar Indonesia yang tengah mengenyam pendidikan di luar negeri tidak melupakan budayanya sendiri. Di hari terakhir dari rangkaian kegiatan summer reasearch, kami berkumpul di aula kampus Yangzhou Polytechnic College untuk memberikan kesan dan pesan terhadap acara yang telah berlangsung selama tiga hari, yang diwakilkan oleh pelajar dari setiap angkatan. Sebagai penutup, para pelajar diberikan sertifikat penghargaan atas partisipasinya dalam mengikuti kegiatan summer research ini. 

Foto 1: Penampilan tari Saman yang dibawakan oleh mahasiswa Indonesia
Foto 2: Pembagian sertifikat penghargaan

Salam Perhimpunan!

PPIT Yangzhou

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *