Kata Sambutan Ketua Umum PPI Tiongkok

Assalamualaikum wr. wb
Salam sejahtera untuk kita semua

Sebelumnya izinkan saya mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok periode 2018-2020 atas segala kerja keras, dedikasi, dan pengabdian tak terhingganya bagi organisasi ini sehingga PPI Tiongkok sampai di titik seperti sekarang ini. PPI Tiongkok sebagai organisasi pelajar/mahasiswa Indonesia terbesar di Tiongkok yang menaungi lebih dari 5.500 orang pelajar Indonesia di Tiongkok (berdasarkan Data Sensus Pelajar PPI Tiongkok Periode 2019-2020), di 29 Cabang se-Tiongkok, senantiasa berkomitmen untuk menjadi wadah berkarya bagi para anggotanya dan menjadi jembatan penghubung antara Indonesia dengan Tiongkok, di bidang pendidikan, gerakan kepemudaan, seni budaya, pariwisata, dan bidang-bidang lainnya.

Di periode kepengurusan yang baru ini, setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan bersama oleh seluruh elemen PPI Tiongkok untuk semakin meningkatkan kinerja dan mempertahankan nama baik PPI Tiongkok, baik di tingkat Pusat, Cabang, hingga Ranting:

  1. Memberdayakan seluruh potensi yang ada di sekitar, baik di Pusat, Cabang, maupun Ranting, khususnya potensi sumber daya manusia yang ada selaku ujung tombak perjuangan organisasi dan mencetak kader-kader PPI Tiongkok yang berkualitas unggul (BERDAYA);
  2. Optimalisasi peran PPI Tiongkok sebagai wadah berkarya bagi seluruh anggotanya di berbagai macam bidang yang ada, tanpa perlu membatasi ide-ide kreatif dan karya-karya anggotanya, selama berada di koridor yang tepat sesuai tupoksi masing-masing (BERKARYA);
  3. Bekerja sama dengan seluruh elemen yang ada, baik internal maupun eksternal organisasi, guna meningkatkan sinergi dan jejaring PPI Tiongkok (BERSAMA).

Sebagai penutup, tahun ini merupakan tahun spesial karena merupakan peringatan 70 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Tiongkok (atau menurut sebagian besar rekan-rekan di PPI Tiongkok merupakan peringatan 30 Tahun Menjelang Satu Abad Hubungan Bilateral Indonesia-Tiongkok). Diharapkan seluruh elemen yang ada di PPI Tiongkok dapat mengoptimalkan momentum bersejarah ini guna memperkuat peran ‘diplomasi’ kita sebagai jembatan penghubung antara Indonesia dengan Tiongkok di aspek pelajar/kemahasiswaan dan kepemudaan.

Semoga kita semua dikaruniai kesehatan dan keselamatan di tengah-tengah pandemi ini.

Salam Perhimpunan!

Nikkolai Ali Akbar Velayati
Ketua Umum PPI Tiongkok 2020-2021